Minggu, 01 Juni 2014

Pancasila Sebagai Ideologi Nasional

Mengapa bangsa Indonesia mampu mempertahankan persatuan dan kesatuan ? salah satu jawabannya adalah karena kita telah sepakat Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi nasional Indonesia. Nilai-nilai luhur Pancasila merupakan kesepakatan bersama dan menjadi titik temu antarkelompok dan golongan masyarakat Indonesia. Sebagai ideologi negara, nilai-nilai yang terkandung di dalamnya diterima dan dijadikan acuan bersama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, kita perlu memelihara dan mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia.
Istilah ideologi terbentuk dari kata idea dan logos. Kata idea berarti gagasan, ide, cita-cita atau konsep. Sedangkan logos berarti ilmu. Jadi, secara harfiah ideologi berarti ilmu pengetahuan tentang ide-ide (the science of ideas). Pengertian Ideologi menurut M. Sastrapratedja ideologi adalah seperangkat gagasan atau pemikiran yang berorientasi pada tindakan yang diorganisir dalam suatu sistem yang teratur. Menurut saya ideologi adalah kumpulan ide-ide atau nilai-nilai yang dijadikan dasar atau sumber.
Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia karena sebuah negara tentu membutuhkan ideologi nasional. Di dalam ideologi nasional itu tercantum seperangkat nilai yang dianggap baik dan cocok bagi masyarakat Indonesia. Nilai – nilai itu diterima dan diakui serta menjadi tujuan mulia dari bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia sudah sepakat bahwa nilai – nilai itu adalah nilai – nilai yang terkandung dalam Pancasila. Pancasila adalah ideologi nasional dari bangsa Indonesia. Pancasila sebagai ideologi nasional bersifat terbuka karena memenuhi dimensi realitas, idea dan fleksibel.
Bagaimana jadinya jika suatu Negara tidak mempunyai ideologi? Jawabannya maka akan hancur, karena tidak ada suatu dasar yang dianut yang tentunya hal itu akan timbulnya perpecahan. Karena salah satu esensi ideologi yang dianut suatu Negara yaitu sebagai alat pemersatu. Penulis sependapat dengan pandangan bahwa pancasila merupakan pilihan ideologi yang tepat untuk bangsa Indonesia yang heterogen. Kita perlu memelihara bangsa dan menjadikan pancasila  sebagai acuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.[]

By: Agus Mauluddin Sosiologi 1A (2011)

0 komentar:

Posting Komentar